Mencuri Momen Bersama Matt Stuart

Matt Stuart. Bagi penggemar fotografi, tampaknya nama ini sudah tidak asing. Dia adalah inspirasi banyak orang dalam menjalankan idealisme fotografi dimana lebih baik mengabadikan sesuatu yang alami dan tidak dibuat-buat. Menurut beliau, "mencuri momen" adalah persyaratan utamanya.

Matt Stuart adalah seorang fotografer yang berasal dari London, Inggris. Walaupun dia merupakan fotografer iklan profesional, tetapi dirinya lebih dikenal sebagai Street Photographer (Fotografer Jalanan). Beberapa karyanya sudah dipamerkan dan bahkan dibukukan. Untuk menikmati hasil karyanya, kita bisa mengunjungi website mattstuart.com. Di dalam website itu kita disajikan beberapa karya uniknya termasuk sebuah foto favorit saya yang menunjukkan keseragaman langkah antara manusia dan burung merpati. Saya pernah membaca cerita bagaimana dirinya mengambil gambar tersebut. Foto tersebut memiliki unsur keberuntungan dan juga perencanaan yang matang. Matt menggunakan ideologi "Fotograferlah yang menciptakan sebuah momen" digabung dengan spontanitas alami. Kalau mau dibilang bahwa gambar itu dibuat-buat, tampaknya hampir tidak mungkin karena sulit sekali mengatur burung merpati agar melangkah bersamaan dengan manusia yang semuanya memakai celana dan sepatu berwarna hitam. Gambar di bawah ini adalah foto yang saya ceritakan sejak tadi dan yang menjadi titik awal kekaguman saya pada Matt Stuart.

Trafalgar Square

Kegemaran Matt Stuart ini rupanya juga berbuah manis. Beberapa karya street photography-nya ternyata menarik hati pengiklan yang produknya tak sengaja diabadikan atau bahkan orang-orang yang memahami langkanya momen yang ia tangkap.

Di bawah ini terdapat video wawancara dengan Matt Stuart di sebuah studio foto bernama Miniclick dan Stolen Moments: Matt Stuart. Kalau dilihat, penampilan Matt Stuart sederhana, tidak menarik perhatian khalayak ramai dan terlihat humble. Beliau berkata di video Stolen Moments, bahwa bila bisa memilih kekuatan super, menjadi "kasat mata" adalah pilihan pertamanya. Pemilihan itu kemungkinan besar agar dia bisa mengambil momen yang jujur. Oke, selamat menikmati video dan karya-karya Matt Stuart.



Comments

Popular Posts