Apa yang Harusnya Kita Cintai?

Hari ini datang sebuah pertanyaan di dalam benak saya, atau katakan saja dalam hidup saya. Saya ingin tahu, ketika setiap jiwa pahlawan di masa lalu berjuang, apa yang alasan sebenarnya di balik tindakan mereka?

Karena sekarang, saya tidak tahu mana yang harusnya saya cintai. Negara ini atau orang-orang di dalamnya?

Ketika kita bekerja, kita harus membayar pajak pendapatan. Tujuan dari pembayaran pajak ini adalah agar setiap masyarakat di Indonesia memiliki kesempatan yang sama mengecap hasil pembangunan. Setiap hasil pembayaran pajak harusnya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum. Sekarang kita lihat saja, sekian banyak gedung, rumah, pekerja, dan kendaraan muncul di negara ini, pastilah ada pajak yang luar biasa besar masuk ke kas negara. Kalau dihitung secara kasar, ke mana hasil pembayaran pajak kita?

Biarlah saya orang yang buta akan kondisi ekonomi. Saya tidak tahu detail setiap angka yang ada berkaitan dengan kepentingan negara ini, tetapi coba kita pikir secara sederhana, setiap perusahaan asing yang masuk ke negara ini tentunya membayar pajak? Betul?

Setiap ada mall dibangun di negara ini pastinya membayar pajak, betul?

Nah, kita pikir versi logis dan sederhana saja tanpa harus banyak mengindahkan hutang negara yang banyak muncul karena sekali lagi bukan sepenuhnya akibat kesalahan masyarakat, kok kita terbelakang ya? Kenapa masih banyak orang korupsi? Di kelurahan, kecamatan, polisi, kantor pemerintahan, pengadilan, kantor pajak, bank, dan sebagainya, kenapa masih korupsi? Kurang banyak uang kalian? Kurang layak hidup kalian yang punya kendaraan beroda empat keluaran terbaru dan bisa menyekolahkan anak-anak kalian di sekolah swasta atau bahkan keluar negeri? 

Kemalasan, ketamakan, kenekatan orang-orang kecil di Indonesia semata-mata muncul karena kebutuhan untuk bertahan hidup. Selain itu, perilaku ini sesungguhya dicontohkan oleh orang yang berkuasa, orang besar, orang yang berada di posisi tinggi, pengambil keputusan.

Apa sebenarnya yang kalian cari wahai warga negara Republik Indonesia? Apa?

Apa sebenarnya yang kalian ingin bangun dari negara ini wahai para pemimpin bangsa?

Nikmatilah setiap kopi pagimu, semoga suatu saat kalian sadar bahwa itu adalah racun yang dibangun dari penderitaan masyarakat jujur di negara ini.

Segala kalimat berbau negatif di atas seharusnya hanya menyentil orang-orang yang memiliki kehidupan serupa dengan kesan yang ingin saya sampaikan. Saya masih mengenal orang-orang dengan keluarga yang bekerja memberikan jiwa raganya untuk mencapai kemakmuran, untuk mencapai cita-cita, untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi keturunannya, dan lebih hebat lagi untuk memberi arti bagi banyak orang.

Jadi mana yang harus kita cintai, negara ini? Atau orang-orang di dalamnya?

Comments

Popular Posts