The Party

Beberapa orang berkata bahwa pesta ini adalah akhir dari kisah-kisah tertentu. Beberapa orang berkata bahwa pesta ini adalah upacara penyambutan di dunia baru. Mungkin keduanya memang benar. Tapi sebenarnya yang ada di dalam benak saya adalah kemunculan jawaban secara perlahan-lahan. Setiap perjudian dan terkaan mulai terkuak. Tetapi kenyataannya juga ujian dan pertanyaan baru mulai datang dengan caranya masing-masing. Ujian dan pencarian jawaban untuk melupakan, mengingat, melanjutkan, ataupun mempertahankan.

Pesta ini seperti penekanan kontrak pemindahan tempat tinggal. Sebentar lagi, sebentar lagi semuanya kembali menjadi berjalan menuju cabang yang dipilih. Sebentar lagi, semuanya sudah menentukan arah langkah masing-masing. Sekarang, kisah masa lalu harus menjadi inspirasi untuk masa depan.

Melihat ke masa lalu dilakukan layaknya melihat kaca spion. Bila kita akan berbelok, ada baiknya dilirik dulu apa yang ada di belakang. Lirik, bukan tengok.

Sisanya adalah menatap ke depan, sambil terus berpikir dan menganalisa agar tidak terjadi kecelakaan fatal. Mengasah reflek agar semakin mahir, menjelajah jalan baru agar lebih tahu, dengan harapan tidak tersesat lagi di kemudian hari.

Pesta ini bukanlah akhir segalanya. Belum selesai.

Comments

Post a Comment

Popular Posts