15 Maret 2012

10.00, Kosan, Bandung
Postingan ini adalah sebuah milestone, sebuah jejak sebelum gue sidang. Insya Allah sarjana. Amien!

14.30, Ruang Que, Lantai 3
"Yah, akhirnya ya Inu. Yang tadi itu ujian terakhir di ITB. Dari kamu tingkat 1 ada ujian, ini adalah yang terakhir. Kamu akhirnya bisa melaluinya juga. Saya tadinya tidak yakin untuk mengajukan kamu untuk ikut sidang. Tapi saya melihat kamu bersemangat sekali untuk menyelesaikannya, walau dengan segala kekurangan. Kamu berusaha untuk menyelesaikan TA dan skripsi kamu, saya recognized itu. Tadinya saya juga ragu ketika kamu sidang apakah kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di dalamnya, tetapi saya melihat kamu belajar dan bisa melalui sidang dengan baik. Saya yakin bahwa kamu bisa selesai.

Sidang ini mengakhiri masa belajar S1 kamu di SITH, tetapi menjadi awal dalam perjalanan hidup kamu yang baru. Setelah ini kalau kamu ingin menjadi scientist lagi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pertama, seorang scientist itu harus detail. Kamu itu cerdas tetapi seringkali tidak memperhatikan hal-hal detail. Scientist itu harus bisa memaparkan segala sesuatu dengan detail. Kamu tidak bisa hanya memaparkan garis besar, kalau mau seperti itu sih bisa jadi politikus atau tukang kredit.

Setelah ini, kamu akan terjun ke masyarakat. Kalau kamu nanti sukses, yang harus kamu ingat adalah kesuksesan itu untuk kamu sendiri. Tetapi ketika kamu gagal, kamu akan ditanya, siapa guru kamu?

Jadi sekali lagi selamat. Kamu berhasil menyelesaikan jenjang S1 kamu. Kamu bisa istirahat dulu. Sekali lagi selamat."
(Pembimbing, 2012)

Akhirnya, terima kasih semuanya. Alhamdulillah, perjalanan 4 1/2 tahun ini berhasil dilalui. Tinggal revisi skripsi dan pemenuhan kebutuhan administratif untuk lulus. Untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater!

Gelar sarjana ini untukmu Ayah dan Ibu. Terima kasih tidak terukur kusampaikan dari Bandung.

Comments

Popular Posts