Hari Pertama Kuliah

Selamat malam wahai pengelana layar kaca!

Hari pertama gue di kampus untuk semester 5 memberikan gue banyak kejutan. Belum apa-apa gue udah di kejutkan dengan adanya proyek ekologi.

Proyek Ekologi ini bukanlah proyek yang mempelajari tentang sifat dan penampakan orang-orang bernama Eko (apapula gunanya?). Proyek ini berhubungan dengan bagaimana kita harus mengetahui FENOMENA yang terjadi di alam. Bumi kita ini dihuni oleh jutaan spesies makhluk hidup. Dari yang melata, merayap, menggali, berjalan, diam, kayang, sampai yang uget-uget. Dari yang luar biasa besar seperti paus biru sampai bakteri yang sangat kecil. 

Interaksi antara satu sama lain itu akan menimbulkan kehidupan di dunia ini. Bila kehilangan satu spesies saja (a.k.a punah) maka keseimbangan alam akan terganggu. Bila badak bercula satu punah, maka tidak akan ada lagi badak yang bercula 2, 3, dan sebagainya karena semua harus dimulai dari angka 1 (luar biasa ya, inilah hipotesa dari seorang mahasiswa biologi). Kalau kaki seribu hilang dari muka bumi ini, maka tidak akan ada lagi istilah ambil langkah seribu. Tentu saja semua ini hanyalah rekayasa. 

Contoh yang benar adalah hubungan antara singa laut, bulu babi, dan sejenis tanaman air. Jadi gini, Singa laut itu harusnya memakan bulu babi. Bulu babi tersebut memakan tanaman air yang menjadi tempat hidup banyak makhluk air. Bila singa laut diburu manusia dan punah, maka bulu babi akan berkembang biak banyak dan menyebabkan mereka menghabisi tanaman air. Tanaman air yang hilang akan menyebabkan banyak makhluk hidup kehilangan tempat hidup. Padahal hanya satu hilang, tapi pengaruhnya BANYAK!

Harapan gue dari belajar Ekologi ini, gue akan jadi lebih sadar apa yang terjadi di dunia ini dan mengetahui apa yang harus dilakukan guna menjaga segala kehidupan yang ada di dunia. Kalau saya sudah pintar tentang Ekologi, nanti saya kasih tau orang-orang yang ngerusak lingkungan dan seenaknya memburu hewan dan menebang hutan sembarangan. Biar mereka sadar perbuatan mereka tuh menghancurkan alam.

Kejutan lain yang ada di hari pertama ini adalah gue mendapat kesempatan belajar banyak dengan menjadi asisten Biosistematika. Alhamdulillah, semoga kesempatan ini bisa gue manfaatkan untuk menjadi orang yang lebih baik, disiplin, dan mau bekerja keras. Satu hal lain yang baru saya tahu adalah ada teman saya si Iqbal yang jadian dengan Mirna. Ternyata sudah jadian dari 1 bulan yang lalu. Gak asik, gue udah basi taunya. Hahahaha. Selamatlah buat kalian, semoga lancar dan langgeng.

Sekian untuk blog hari pertama kuliah. Besok gue harus kuliah jam 9 menghadapi dosen yang katanya MALESIN. Jadi doakan gue sukses besok. Oh iya, gue juga harus kumpul asisten Biosistematika besok. Doakan saya bisa menjadi asisten yang baik. Sekian untuk malam ini.

Salam cinta lingkungan,
Matiinu Iman Ramadhan

NB : Besok jam 3 pagi adalah waktu penting :D

Comments

Popular Posts