Type Pelajar di Kelas...

Sebagai makhluk yang diberi makan ilmu pengetahuan dari jaman orok, saya belajar banyak tentang hal-hal yang terjadi di dunia ini. Baik dari buku, maupun dari hasil pengamatan saya sendiri. Bagi saya, belajar itu adalah tuntutan hidup. Manusia yang tidak mau belajar tidak akan mendapatkan apa-apa, tidak akan berarti apa-apa. Oke, bahasa saya sudah cukup berat, tetapi sesungguhnya yang ingin bahas adalah type orang-orang yang saya temukan di kelas ketika kuliah saat ini. Saya memiliki beberapa definisi tentang jenis orang-orang ini. Mungkin anda adalah salah satunya.

Pelajar Teladan
Pelajar jenis ini adalah jenis pelajar yang datang ke kampus membawa semua buku diktatnya dan selalu datang tepat waktu guna mendapatkan tempat duduk paling depan. Pelajar jenis ini datang ke kampus dengan tekad untuk menjadi presiden, membangun desanya, membanggakan nenek moyangnya, atau bahkan hanya sekedara karena dari bawaan orok dia sudah jadi seperti itu. Pelajar ini dapat dilihat di bangku paling depan pada kelas kuliah. Mendengarkan dosen dan mencatat adalah caranya dia bernapas. Jika dia tidak mendapatkan catatan lengkap tentang kuliah hari ini dia akan melemparkan semua furniture di kosannya sehingga dia merasa puas. Pelajar jenis seperti ini akan menjadi pemimpin masa depan (kan pintar). Mereka akan menjadi sumber inspirasi dan menulis beberapa buku pendidikan. Tidak semua pelajar teladan berkacamata, beberapa dari mereka bahkan matanya normal, karena selalu membaca ilmu, sehingga mengetahui makanan apa yang bagus untuk kesehatan matanya.

Pelajar Teladan (alibi version)
Pelajar type ini akan sering dilihat di bangku depan pada beberapa kuliah (tertentu). Pelajar jenis ini biasanya akan terlihat pintar dan memperhatikan di kelas untuk tujuan tertentu, misalnya dosen yang mengajar mengenakan kemeja dengan kancing terbuka 3 (baik laki-laki maupun perempuan), ada gebetan yang duduknya di depan terus, mencoba terlihat pandai di depan dosen, atau pelajar yang terpaksa duduk di depan karena bangku belakang telah diisi calon penerus bangsa yang lainnya (baca : tidur, layaknya pejabat DPR). Pelajar seperti ini biasanya di luar kelas menjadi pelajar paling rajin sedunia dalam urusan poker, capsa, dan gaple. 

Pelajar Ngantuk
Jenis pelajar yang satu ini adalah pelajar yang biasanya dikarunai kemampuan untuk memanfaatkan waktu dengan baik. Mereka biasanya memiliki kemampuan dalam pembagian waktu belajar yang baik. Kemampuan mereka dalam menggunakan waktu-waktu yang mubazir untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat bagi tubuh tergolong dalam level "James Bond" (itu level macam apa? Saya juga tidak tahu). Selain itu mereka juga memiliki kelenturan tubuh dan kemampuan pengendalian tubuh yang baik. Mereka biasanya mempunyai gaya yang menjadi ciri khususnya. Sebagai contoh adalah

Gaya berpikir : 
kepalkan tangan kanan, tempelkan ujung tangan pada bagian sebelah kanan dari mandibula (rahang bawah), kemudian perhatikan dosen, amati setiap gerakan dosen, kata-katanya akan membuai mata, kemudian akan mengirim kita ke alam bawah sadar.

Gaya bebas :
Gaya ini dapat dilakukan secara natural, yaitu tatap dosen anda, perhatikan bagaimana dia menjelaskan, lihatlah setiap lekuk tubuhnya, perhatikan setiap kalimat yang keluar dari mulutnya, kemudian tanpa sadar anda akan  mulai mengangguk-angguk, anda akan merasa melayang, kemudian tangan anda akan mulai menuju ke segala arah, dan terjadilah posisi di mana leher melenceng ke kiri dengan tangan kiri menunjuk tanah, dan tangak kanan di meja.

2 contoh gaya tadi merupakan gaya yang populer di kelas saya. Memang ada banyak gaya lain, misalnya adalah gaya mengambil bolpoimn jatuh lalu tidak bangkit lagi, gaya membaca buku tapi tidak membuka mata, dan gaya lainnya. Bahkan kemampuan yang dilatih sejak kuliah ini dapat digunakan dalam kehidupan nyata, misalnya, upacara bendera, rapat akbar, dll.

Pelajar Bengong
Pelajar jenis ini seringkali terlihat di kelas di mana suasananya datar, dengan dosen yang sangat ahli orasi, dan penerangan kelas yang remang-remang. Pelajar ini tidak jelas posisi duduknya tetapi mereka seringkali terlihat memiliki IQ di bawah rata-rata. Muka mereka tampak seperi bayi tapir, ya bayi tapir... tau kan? Mereka memandang ke depan dan mencoba memperhatikan. Tetapi entah karena mereka sedang lemot atau memang pelajaran yang disuguhkan terlalu berat untuk kapasitas otak mereka, wajah mereka agak terlihat, maaf, idiot. Janganlah tertawa, karena kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja. Siapa tau kalian adalah mahasiswa yang sarapannya cireng atau kalian adalah type mahasiswa yang suka ngelamun jorok. Hal ini pasti terjadi pada orang-orang itu. Telah dibuktikan oleh Dinas Inspeksi Mahasiswa Sekolah Umum dan Militer (disingkat DIMSUM). Oleh karena itu, sarapanlah yang baik, misalnya combro, lumpia basah, tahu isi, atau makanan lain yang dimasak dengan minyak jelantah. Dijamin anda akan semakin pandai karena minyak tersebut telah digunakan untuk memasak berpuluh-puluh bahan lain yang bergizi.

Pelajar Gosip
Berita adalah makanan wajib bagi mahasiswa. Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang mengetahui banyak informasi dari manapun, kapanpun, dan di manapun. Selain mendapatkan berita, seringkali mahasiswa menjadi reporter dadakan, mereka menjadi orang yang sarat pengetahuan umum dan memiliki defisiensi pengetahuan akademik. Bukan bermaksud menyinggung tapi saya sendiri bahkan merasa, saya lebih berbakat menjadi pembawa acara INSERT daripada menjadi praktikan di Lab. Contoh dialog yang dilakukan oleh pelajar jenis ini adalah

A : Eh, lo tau nggak? kemaren ya gw ngeliat si "X" jalan sama "Y"
B : ASHLINA!? SIA SERIUSAN!? AING OGE NGELIAT!
C : Ehm, ngomongin apa sih?
A : Iniloh, kemarin gue liat si "X" dan "Y" jalan bareng.
C : Ah, Basi loo...gue udah liat beberapa kali!
B : JUJUR!? AING nteu nyahooo...Njis! Si "X" kudu aing palak...jadian kan mereka?
A & B : JUJUR!? Mereka teh Jadian!?
A : MEEEEEN....(sambil bergaya metal)
B : Kan! Cek Aing ogeee..taaaah!
C : Kalem..kalem....gue dengernya mereka malah udah mau...ehm...married
A & B : ASHLINAAAA!?

Ya, ini contoh pelajar gosip. Dari satu kata ke kata lain. Orang-orang seperti ini biasanya memiliki kemampuan mencipta yang tinggi alias kreatif. Dengan beberapa hasil visualisasi, mereka dapat membuat suatu narasi panjang yang berakhir saat kuliah hari itu ditutup.

Pelajar Gadget
Pelajar jenis ini memilliki kemampuan lain. Mereka bukan pencipta, mereka lebih ke arah memanfaatkan fungsi suatu benda elektronik semaksimal mungkin. Mereka menggunakan barang-barang yang memiliki teknologi untuk mengisi waktu kuliah. Contoh :

MP3 :
Menggunakan MP3 adalah salah satu cara untuk melakukan relaksasi. Produksi MP3 yang semakin banyak menyebabkan produksi alat bantu dengar ikut meningkat. Dengan adanya MP3, mahasiswa dapat menikmati lagu-lagu kesayangan selagi dosen menjelaskan materi. Mahasiswa yang menggunakan cara ini biasanya jenis mahasiswa yang lebih suka belajar sendiri atau lebih suka melihat gerakan mulut dosen dibanding mendengar suaranya. Mereka berfantasi bahwa dengan melihat bibir dosen tersebut, mereka dapat merasakan bahwa penyanyi itu sedang bernyanyi di depannya dengan wujud yang berbeda. Misalnya, mendengarkan lagu "makhluk  tuhan yang paling seksi - Mulan Jameela" ketika dosen yang sedang mengajar bernama Yanto. Mahasiswa ini memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang permusikan, selain itu mereka juga biasanya cerdas dan penyayang. Dapat menjadi menantu yang baik (ngaco!).

Game :
Memainkan game ketika kuliah juga merupakan cara yang baik dalam memngistirahatkan otak kita yang telah masuk kuliah selama kurang lebih 15 menit. Kuliah dengan jangka waktu selama itu dapat membuat otak lemas, oleh karena itu diislah sisa waktu kuliah yang 75 menit itu dengan bermain game. Solitare di HP dapat menjadi penyelamat dikala senggang (baca : sisa waktu kuliah). Selain itu game yang ingin diselesaikan sejak lama, dapat diselesaikan saat kuliah. Sehingga game berikutnya yang sudah masuk waiting list dapat dimainkan secepatnya.

Selain dari jenis-jenis pelajar yang ada di atas dapat juga disebutkan pelajar Majalah, pelajar, cabut, dan pelajar ekstra rajin.

Pelajar EXTRA Rajin
Jenis pelajar ini memiliki kemampuan khusus, yaitu memanfaatkan waktu kuliah suatu pelajaran guna memahami pelajaran yang lain. Mahasiswa ini tidak mau membuang waktu, lebih baik mereka mempelajari pelajaran pada jam berikutnya. Mereka selalu belajar lebih dulu. Bahkan waktu SD mereka sudah belajar Algoritma dan Fisika Dasar. Sehingga mereka melupakan beberapa pelajaran penting seperti mengucek mata, cuci kaki dan hasilnya adalah  ketika kuliah mereka belajar untuk buang air kecil dengan benar. Pelajar seperti ini biasanya mengeluarkan buku yang berbeda dengan jam kuliah yang sedang berjalan. Mereka tidak mau membuang waktu, tetapi langsung mempelajari mata kuliah di tahun berikutnya. FREAK!

Itulah dia...beberapa pelajar yang pernah saya lihat di kelas saat ini. Mungkin ada jenis-jenis lain yang belum bisa diidentifikasi. Mungkin mereka masih tersimpan nun jauh di sana. Marilah kita sama-sama mencari dan berpikir. Pelajar yang manakah kita ini? 

NB : Terima kasih kawan-kawan di kelas. Kalian adalah inspirasi sayah...Love U All! METAAAL!

Comments

  1. idioteque. haha. plajar kpala kcengklak ga ada. si siput. ato plajar dihinain mulu. si wina. lucu2

    ReplyDelete
  2. Hahaha! gw yesh! thanks Kal! ada lo kan di sana?

    ReplyDelete
  3. hahahahahahahaha nul gw kayaknya pelajar yang bengong campur pelajar gosip deh ahahahahaha :)

    ReplyDelete
  4. Iye, kash? bukannya lo rajin ya? hehehehe.

    ReplyDelete
  5. gue semuanya kecuali rajin dan extra rajin

    ReplyDelete
  6. hahaha, ada-ada aja.

    mungkin bisa ditambah pelajar desertir.
    pelajar yang ada nama ga ada wujud, hehehe.

    ReplyDelete
  7. aku pelajar extra-rajin-ngantuk deh kayaknya (enggak kayaknya juga sih, soalnya udah pasti) hehehee

    ReplyDelete
  8. DONGO KAU TAA...Hahahaha. lah apa itu pelajar desertir kang Tejo?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts